Kawah Bromo

By   May 19, 2014
Share

kawah bromo

kawah_bromo

kawah bromo

Kawah Bromo yang terletak di kawasan obyek wisata bromo, konon menurut legenda suku tengger jika kawah bromo berasal dari letusan gunung Tengger 4.000mdpl. letusan besar tersebut menimbulkan gunung baru diantaranya Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi dan Gunung Widodaren, sedangak Gunung Bromo tersebut dengan kondisi yang aktif terdapat sebuah Kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Untuk mencapai Kawah Bromo, dari parkiran Jeep pengunjung bisa memakai jasa sewa kuda maupun jalan kaki sekitar 1,5 km (30 menit) sampai anak tangga yang berjumlah sekitar 245 an. Jalan yang di lalui adalah pasir dan akan melewati Pura Suci (Pura Poten Bromo) Suku Tengger yang biasanya di gunakan untuk perayaan Yadya Kasada atau Upacara Kasodo yang di adakan setahun sekali.

Dari Puncak Kawah Bromo pengunjung akan menyaksikan fenomena gunung Vulkanik yang masih aktif. Dari puncak kawah bromo ini pula wisatawan dapat melihat hamparan lautan pasir yang sangat luas dan Gunung Semeru 3.676Mdpl yang merupakan Gunung tertinggi di Jawa.

Kawah Bromo selain menjadi salah satu tujuan lain yang berada di obyek wisata Bromo, objek lain yang menjadi tujuan utama adalah meyaksikan keindahan matahari terbit bromo (bromo sunrise) di Puncak Penanjakan 1 Bromo atau di puncak Penanjakan 2 Gunung Bromo.